BEBEK DAN TAKSONOMINYA

No Comments
Bismillahirrahmanirrahim,,,

Haloo Para Sobat? Gemana Kabare tentunya pada sehat kan,,??
Di kesempatan ini Saya akan Membahas sedikit Tentang Sodara dari Entok,, yaitu Bebek Dan Taksonominya,
Mungkin Para Sobat sudah tidak Gumun/Heran dengan mahluk yang satu ini, kareana di setiap jalan, atau rumah makan pasti ada hidangan yang bahan utamanaya adalah Hewan ini, seperti Bebek goreng, Bebek Penyet, Nasi bebek, bebek kaleyo, atau Bebek Paking dan masih banyak lagi. Unggas satu ini memeng memiliki nilai komersial yang terbilang cukup tinggi dan banyak para petani yang membudidayakan bebek, seperti bebek petelur dan bebek pedaging, Oke Soabat berikut informasi lengkapa tentang bebek, monggo di simak..

Deskripsi Bebek
Bebek (Anas platyrhynchos) merupakan binatang unggas yang masih sodara dekat dengan Angsa (Cygnus olo) dan juga sodara jauh dari Bebek hutan atau (Cairina scutulata) tapi masih satu Nene yaitu Unggas, heheh ,,  Ya,,! Bebek Memiliki ukuran Sedikit Lebih Kecil dari pada angsa, dengan berat bisa mencapai hingga 1.4 – 2.5. Bebek yang merupakan binatang yang dibawa oleh Belanda ke Indonesi ini Memiliki tubuh tinggi dan agak memanjang terutama di bagian leher. Memiliki panjang tubuh 50 cm (20 inci) untuk bebek betina, dan 76 cm (30 inci) untuk bebek  jantan, mulai dari ujung kepala hingga ujung ekor. Di Indonesia Sendiri Terdapat Populasi Bebek di beberapa pulau khususnya di pulau jawa dengan sebutan bebek Jawa, bebek Cirebon atau bebek Tegal (Anas platyrhynchos javanica). Bebek biasa dibudidayakan untuk diambil telurnya dan dagingnya, di bali juga ada bebek bali, yang unik denagan ciri-ciri memeiliki jambul di kepalanya.

Klasifikasi Bebek 
Kerajaan      :  Animalia
Filum           :  Chordata
Kelas           :  Aves
Subclass     :  Neornithes
Infraclass   :  Neognathae
Superorder  :  Galloanserae
Ordo            :  Anseriformes
Famili         :  Anatidae
Genus         :  Cairina
Species       :  A. Platyrhynchos


Habitat / Tempat Hidup Bebek
Habitat Bebek biasanya mereka sangat suka dengan daerah perairan yang berlumpur. Karena Hewan ini beradaptasi secara morfologi. Kalo Bahasa jawanya “Doayan Keceh” / Becek-Becekan.Walaupun Pada budidayanya Biasanya para petani desa membuat kandang yang sedikit kering, tapi tetap hewan satu ini sesekali harus di umbar atau biarkan dia mandi, karena untuk menjaga kelembaban tubuhnya, Jika para soabat yang rumahnya di dekat sungai atau dekat pesawahan pasti akan sering melihat hewan  satu ini mandi, tapi para sobat..? kadang-kadang hewan satu ini nakal! kareana suka bertelur sembarangan, jika pengalaman saya dulu dia suka bertelur di kebun bambu atau jerami-jerami kering.

Makanan Bebek
Bebek Binatang satu ini Memang  sedikit rakus, karena iya hampir semuanya dia makan seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing, dan moluska kecil, Seperti keong kecil atau Nasi aking dan lain-lain. Karena hewan satu ini tergolong cukup rakus, maka para petani terkadang membuatkan pakan alternatifanya agar mengurangi biaya produksi untuk pakan, contohnya seperti mencampur pecahan keong bekatul dan nasi aking. Tapi di sisi lain hal ini juga memberikan ke untungan sendiri bagi para petani, karana makanya tidak rewel dan bisa di buatkan pakan alternatif yang murah dan meiliki asupan nutrisi yang cukup.

Ciri-Ciri Bebek
  • Umumnya Bebek betina suaranya lebih cerewet dan keras bila dibandingkan bebek pejantan yang sedikit lebih lembut, gemana suaranya?? tentunya wek.. wek.. wek...!!
  • Biasanya Tubuh pejantan memeiliki tubuh yang lebih panjang bila di bandingkan dengan bebek betina yang memilik tubuh sedikit pendek dan membulat
  • Mempunyai paruh panjang dan lebar yang mengandung lamellae sebagai fungsi untuk menyaring makanan bagi si bebek itu.
  • Di kedua kakiknya memiliki selaput renang, untuk membantu bebek berenang, ketika di gunanakan di air selput-selaput tersebut akan mengembang dan si bebek akan menghempakanya ke air.
  • Untuk Bebek Pejantan memiliki bulu ekor yang melengkung ke atas sedangkan pada betina tidak demikian.
  • Meiliki bobot rata-rata sekitar 1,4  samapi 2,5 Kg dan Panjangannya sekitar 50 cm sampai dengan 76 cm.
  • Pada umumnya di indonesi bebek memiliki warna coklat tapi bebek juga ada yang berwarna putih dan hitam serta campuran.
  • Berjalan sedikit tegak dan tidak begitu berlenggok jika di bandingkan denagan sodaranya entok.Lucukan…
Bagai mana sih wujud Bebek,,,?? Di bawah ini saya sediakan gambar bebek ya Sob.

Bebek Bali
Bebek Jawa
Bebek Kalimantan atau Bebek Alabio
Demikian Para Sobat, Semoga Artikel di atas bisa memberikan Manfaat, jika ada pertanyaan silahkan Komen-Komen saja, Saya pasti Balas komen para Sobat. Sampai jumpa di artikel Berikutnya.